Survei Geofisika

PENYELIDIKAN GEOFISIKA

 

Survei Geofisika, Alat Geofisika

Peralatan Survei Geofisika

Survei permukaan dengan metode geofisika telah diterapkan untuk kegiatan survei mineral dan eksplorasi minyak bumi selama bertahun-tahun.

Sebuah magnet kompas digunakan di Swedia pada pertengahan 1600-an untuk mencari deposit bijih besi . Penyebaran secara lateral tubuh bijih yang terdapat di Comstock dipetakan dengan menggunakan metode potensi diri pada tahun 1880-an.

Pada akhir tahun 1800, di Irlandia di lakukan pengujian seismik dengan metode yang masih kasar untuk mengukur besarnya energi hasil peledakan. Gagasan bahwa energi berjalan melalui suatu material dengan kecepatan tertentu berasal dari survei ini.

Selama Perang Dunia I, teknik geofisika digunakan untuk mencari potongan/serpihan artileri. Peralatan Anti-kapal selam dalam Perang Dunia II adalah cikal bakal teknologi survei magnetik dan sonar (seperti pada kapal selam).

Submarine

:) :) :)

Penekanan utama survei geofisika ditahun – tahun awal kebangkitannya adalah untuk kegiatan eksplorasi minyak bumi. Teknologi yang berkembang untuk kegiatan survei minyak dan gas menjadikan penggunaan metode survei permukaan ini menjadi hal yang penting bagi berbagai aspek penyelidikan geoteknik.

Survei Geofisika telah diterapkan untuk kegiatan penyelidikan sipil sejak 1920-an, hal ini terjadi ketika survei seismik dan resistivitas listrik digunakan untuk mempelajari tapak bendungan. Sebuah survei seismik dilakukan di St Peter’s Basilica pada tahun 1950-an untuk mencari lokasi kuburan bawah tanah  sebelum bangunan tersebut di renovasi. Dari akhir 1950-an sampai saat ini, teknik geofisika memiliki peran yang kian meningkat terutama dalam kegiatan eksplorasi air tanah dan dalam penyelidikan geoteknik.

Survei Geofisika sekarang digunakan secara rutin sebagai bagian dari penyelidikan geologi dan untuk memberikan informasi tentang parameter situs (misalnya, dalam tempat sifat dinamis, perlindungan katodik, kedalaman batuan dasar) yang dalam beberapa kasus tidak mungkin diperoleh dengan metode lainnya. Nilai – nilai yang berasal dari survei geofisika seismik diperoleh pada tingkat regangan yang berbeda dari beberapa situs parameter yang diperoleh dengan metode lainnya.

Setelah kita belajar sedikit sejarah tentang survey geofisika, maka tibalah kita pada bagian yang penting dari kegiatan survei / penyelidikan dengan menggunakan metode geofisika ini, yaitu Kegiatan – kegiatan yang termasuk penyelidikan geofisika. Tidak semua kegiatan yang termasuk survei geofisika akan dibahas secara rinci disini, namun akan dikemukakan sedikit mengenai survey geofisika permukaan. Pada pokok bahasan ini akan di kemukakan secara umum saja jenis – jenis survey tersebut, selanjutnya masing – masing kegiatan akan dirinci pada pokok bahasan yang lain :)

Adapun kegiatan geofisika permukaan antara lain adalah:

1. Survei Seismik

Kegiatan survei seismik ini terbagi atas beberapa metode, yang paling umum digunakan adalah: survei seismik metode refraksi, metode refleksi, shear wave survei, survei gelombang permukaan dan survei dengan metode vibrasi.

2. Survei Dengan Metode Kelistrikan

Kegiatan ini meliputi Survei profil Resistivitas listrik, Survei Resistivitas bunyi listrik, dan Survei Resistivitas listrik metode Dipole-Dipole

3. Survei Dengan Metode Gelombang Elektromagnet

Yang termasuk survei dengan metode ini adalah: Survei Profil Konduktivitas elektromagnetik, Survei Konduktivitas bunyi Elektromagnetik dan Survei Gelombang Radar.

4. Survei Potensial Induksi Diri

5. Survei magnetik

6. Survei Gravity

Demikianlah sekelumit kegiatan yang berhubungan dengan kegiatana survei geofisika, terutama geofisika permukaan. Untuk pembahasan lebih lanjut akan dikemukakan pada kesempatan yang lain :) :). I Promise….


About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 439 other followers

%d bloggers like this: