Sepenggal Cerita Geologi

DUNIA GEOLOGI

Pada kesempatan ini saya alihkan artikel dari halaman “Artikel tambang & Geologi” ke halaman induk, karena ada rencana untuk memperbaiki tata letak blog ini…mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Berikut ini saya tempatkan beberapa link yang akan membawa anda sekalian menuju ke artikel yang berkaitan dengan dunia geologi dan pertambangan. Saya berharap link – link yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda sekalian, mohon dilaporkan juga apabila nanti anda menemukan bahwa link yang saya berikan telah expired atau sudah mati. Saya hanya menyediakan link – link tersebut apa adanya, semua merupakan hasil karya dari orang – orang yang membuatnya . Terima kasih.

A. GEOLOGI

  1. Batubara dan batuan karbonan
  2. Batuan vulkanik
  3. Batuan metamorf
  4. Batuan beku

Dibawah ini terdapat beberapa gambar yang berhubungan dengan batuan sedimen:

Breccia, Breksi, BreksiaBreksi merupakan batuan sedimen klastik yang memiliki ukuran butir yang cukup besar (diameter lebih dari dua milimeter) dengan tersusun atas batuan dengan fragmen menyudut. Ruang antara fragmen besar bisa diisi dengan matriks partikel yang lebih kecil atau semen mineral yang mengikat batu itu bersama-sama. Spesimen yang ditunjukkan di atas memiliki ukuran garis tengah sekitar dua inci (lima sentimeter).

Chert, RijangRijang merupakan bahan batu mikrokristalin atau kriptokristalin sedimen yang tersusun atas silikon dioksida (SiO2). Hal ini terjadi sebagai nodul dan konsentrat massa dan jarang terdapat sebagai deposit berlapis. Belahan dengan jenis conchoidal, seringkali menghasilkan tepi yang sangat tajam. Pada awalnya orang mengambil keuntungan dari sedimentasi batuan ini dan menggunakannya untuk perhiasan dan alat potong serta senjata. Spesimen yang ditunjukkan di atas berdiameter sekitar dua inci (lima sentimeter).

Batu kapurMineral pembentuk utama gamping adalah kalsium karbonat. Gamping dapat terbentuk secara organik dari akumulasi timbunan kulit kerang, karang, puing alga dan juga kotoran hewan. Hal ini juga dapat terbentuk secara kimiawi dari pengendapan kalsium karbonat dari danau atau air laut. Kapur/gamping digunakan dalam berbagai cara. Beberapa yang paling umum: produksi semen, bahan pondasi dan netralisasi asam. Spesimen yang ditunjukkan disiniberukuran sekitar dua inci (lima sentimeter).

Batu pasir adalah batuan sedimen klastik terdiri terutama dari ukuran pasir (1/16-2 milimeter) pelapukan sampah. Lingkungan di mana sejumlah besar pasir dapat berkumpul dan berubah menjadi batupasir meliputi pantai, gurun, dataran banjir dan delta. Spesimen yang ditunjukkan disini berukuran sekitar 5 cm

2 responses to this post.

  1. Posted by harry on January 11, 2011 at 15:59

    … mak nyus … !!!! ^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: