Batuan Beku

BATUAN BEKU

 

Pada pokok bahasan yang lalu saya telah menyinggung tentang batuan beku dan batuan lainnya.. dan menyediakan link untuk mempelajari perihal batuan – batuan ini. Tetapi link yang saya berikan pasti akan membawa anda ke halaman berbahasa inggris…meskipun ada mbah google yang bisa dipakai untuk terjemahan tapi lumayan makan waktu juga buat nyusun dalam susunan bahasa yang enak di baca kan?­čÖé

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan kemukakan sedikit lagi pengetahuan tentang batuan beku, bagi yang dah paham dan ngelotok tentang batuan beku ini mohon kiranya dapat memberikan sumbangsih saran (baca: comment)  untuk melengkapi artikel ini. Oke, bahasan kembali hanya bersifat umum namun setidaknya akan bermanfaat buat kita yang memerlukannya.

Batuan Beku, sesuai dengan namanya, batuan ini terbentuk sebagai hasil dari pembekuan magma, baik itu magma yang masih di dalam perut bumi, maupun magma yang muncul ke permukaan, sebagai hasil aktivitas vulkanik. Ada banyak macam batuan beku, namun hanya beberapa saja yang umum ditemui. Pada bahasan ini si batuan beku yang umum ditemui itulah yang akan dibahas…hehehe..(ketahuan pingin yang mudah)­čÖé.

Mari kita pelajari satu persatu…janji gak gitu panjang dan banyak gambar koq…

Granit

Sebagian besar potongan dalam batuan granit sangat kasar, Anda bahkan dapat melihat potongan (baca: bentuk) kristal dari mineral yang terdapat dalam batuan tersebut. Sebagian besar terdiri dari felspar (biasanya orthoclase yang berwarna pink), kuarsa (mineral kaca), mika (yang berkilau seperti serpihan dengan warna kehitaman), dan jejak mineral lainnya, seperti bijih besi.

 

Granite

Granit

Granit bisa dapat berbeda satu dengan yang lainnya, tergantung pada sifat kimia dari feldsparnya . Sebagai contoh, feldspar yang kaya akan potassium cenderung memberikan granit warna lebih putih, sebuah feldspar yang kaya natrium dan kalsium akan memberikan warna merah muda pada batu granit. (Feldspar, secara kebetulan, merupakani 60 persen dari penyusun kerak bumi) Jika seluruh kerak benua dilelehkan, dicampur dan kemudian di dinginkan, batu yang dihasilkan adalah granit J. Dua landmark terkenal yang terbuat dari granit adalah EI Capitan di Yosemite National Park dan Gunung Rushmore dimana terukir wajah ke-empat presiden yang berasal dari South Dakota.

Gunung Rushmore

Mt. Rushmore

Basal

Basal memiliki butiran yang sangat halus, batuan ini merupakan batuan beku ekstrusif yang terbentuk dari leleran/aliran lava. Materi penyusunnya terutama  terdiri dari olivin, piroksen, dan sedikit feldspar, mika, dan apatit.

Basal

Batuan Basal

Kebanyakan basal memiliki tekstur kental seperti tali di bagian luar dan memiliki struktur yang rapuh pada bagian dalamnya.┬áTermasuk jenis basa juga adalah lava aa dan lava pahoehoe, serta bom vulkanik.┬áBanyak basal juga mengandung lubang gelembung (disebut vesikuler basal), di mana gas terjebak sebelum lava membeku; jika usia basal ini mencapai jutaan tahun, lubang ÔÇô lubang tadi dapat terisi oleh mineral seperti kalsit.┬áBeberapa tempat terbaik untuk melihat basal diantaranya Kepulauan Hawaii, lceland (Islandia), dan Kepulauan Galapagos.┬áSalah satu basal kuno terbesar yang diketahui (Kecuali yang di Bulan) berada di India barat-tengah berumur sekitar 65 juta tahun yang lalu: The Deccan Traps mencakup lebih dari 250.000 mil persegi (650.000 kilometer persegi) dan memiliki tebal lebih dari 6.500 kaki (lebih dari 2.000 meter).

 

Riolit

 

Riolite

Riolit

Riolit adalah batuan beku vulkanik ekstrusif yang berhubungan dengan erat dengan granit. Batuan ini memiliki mineral yang sama seperti granit, tapi ukuran butirnya jauh lebih kecil.  Sebagian besar batuan ini terbentuk dalam aliran lava.

 

Riolit

Diorit

Diorit mengandung jumlah mineral yang berimbang antara mineral berwarna gelap dan terang, memberikan penampilan layaknya garam-dan-merica. Mineral sebagian penyusunnya sebagian besar adalah plagioklas felspar dan hornblenda, biotit dan kuarsa juga biasanya muncul dalam jumlah kecil. Diorit sering kali ditemukan dalam bentuk batuan terobosan (dykes).

 

Diorite

Diorit

Andesit

 

Andesite

Andesit

Andesit juga berkaitan erat dengan granit dan dinamai sesuai tempat pertama kali batuan ini dipelajari, yakni Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Memiliki mineral penyusun yang sama dengan granit akan tetapi mengandung lebih sedikit silika dan tidak terdapat kuarsa di dalamnya.

 

Mt. Andes

Pegunungan Andes

Batu Apung

Batu apung terbentuk ketika lava mendingin dengan cepat sehingga banyak gas yang terperangkap di dalamnya sehingga terbentuklah batuan dengan banyak sekali lubang di dalamnya. Jika batu yang terbentuk berwarna terang maka batu tersebut dinamai batu apung;

Pumice

Batu Apung

jika batu yang terbentuk berwarna lebih gelap, disebut scoria. Batu Apung dikenal karena kemampuannya untuk mengapung di air.

 

Scoria

Scoria

 

Gabro

Gabro adalah batuan dengan butiran yang kasar, berwarna gelap dan sering digunakan sebagai material untuk pembangunan gedung.

 

Gabro

Gabro

Mineral- mineral  berbutir kasar penyusunnya ini termasuk di dalamnya kebanyakan berupa feldspar plagioklas dan kuarsa, biasanya ditemukan dalam bentuk sills dan dikes..

Dikes, Dyke

Dykes

 

Well, demikianlah sedikit pencerahan tentang batuan beku -nya..mudah – mudahan membantu. And tolong comment nya ya buat perbaikan..terima kasih.

11 responses to this post.

  1. Posted by ct fatimah on November 25, 2010 at 10:30

    bagus artikelnya.
    tlong jlazin tentang galena cie…?

    Reply

    • Terima kasih atas tanggapannya, Insya Alloh, akan segera dikupas perihal galena dan bahan galian logam lainnya, tetap ikuti perkembangan blog ini ya.­čÖé

      Reply

  2. Posted by sugeng riyanto on November 25, 2010 at 16:31

    aku suka blog ini… cuma kurang lengkap dikit aja…

    Reply

  3. Posted by sugeng riyanto on November 25, 2010 at 17:22

    mantap….

    Reply

  4. Posted by rhiski_libelzmks on February 9, 2011 at 21:29

    wah, thx bgt yah 4 artikel ini. cz, sgt nge-bntugw tuk nyelese-in tgaz geografi yg hrus sya kumpul esok. BTW, sya mw nax kok gmbr pda batu riolit ada 2sih n bda???
    so, yg mna yg bner tuh???
    N, thx…………. a lot>>>

    Reply

    • Terima kasih kembali…saya senang bisa membantu penyelesaian tugasnya.. Gambar riolit tersebut keduanya benar.. kenampakan suatu batuan tidak selalu persis sama tergantung juga dari mineral penyusunnya..ada yang sedikit unsur A tapi banyak unsur B dan sebaliknya ada yang unsur A banyak tapi unsur B lebih sedikit namun masih dalam komposisi yang masuk kategori riolit tadi..

      Reply

  5. Posted by Maria Sherly on August 13, 2012 at 18:02

    Terima kasih kaka
    Sangat bermanfaat,,cuman kurang batu obsidan
    wkwkw
    sukses

    Reply

  6. Posted by susan on November 8, 2012 at 14:54

    Angele -_-“

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: