Cabang Geologi

Sebagian dari kita tentunya telah paham dengan istilah geologi bukan?

Pada kesempatan kali ini saya akan coba kemukakan beberapa cabang ilmu geologi dan penjelasannya, memang tidak semua, karena masih banyak lagi sub-cabang yang bisa dikembangkan dari ilmu geologi ini. Karena ilmu geologi sendiri cakupannya sangat luas, mulai dari paleontologi hingga mineralogi.

Baiklah, mari kita mulai saja ya..

  1. Geologi ekonomi; studi tentang bagaimana batuan digunakan, ditambang, dibeli, dan dijual, contohnya seperti dalam pencarian logam, misalnya besi, emas, tembaga dan nikel. Dengan kata lain, ahli geologi ekonomi mengeksplorasi sumberdaya alam kita dan bagaimana sumberdaya tersebut dikembangkan.
  2. Geokimia; merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi kimia batuan dan mineral; ahli geokimia menggunakan informasi ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang struktur internal batuan dan mineral.
  3. Geologi lingkungan; merupakan ilmu geologi yang mempelajari dampak lingkungan yang dihasilkan oleh perubahan geologi, seperti perubahan pola aliran sungai dan hubungannya dengan banjir, dan sebaliknya, bagaimana geologi dipengaruhi oleh permasalahan lingkungan, seperti polusi dan pembangunan wilayah perkotaan.
  4. Geomorfologi; adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang perubahan dan pengembangan bentuk lahan, seperti bagaimana sungai terbentuk dan berkembang dari waktu ke waktu.
  5. Geologi-kelautan; cabang geologi yang mempelajari tentang keadaan dasar laut dan atau pantai dalam hubungan bagaimana perubahan yang terjadi pada mereka seiring dengan perubahan waktu.
  6. Geofisika; ilmu yang mengkaji fisika dari Bumi, termasuk bidang-bidang seperti seismologi (Termasuk interpretasi interior bumi), dan pengaruh – pengaruh yang bersumber dari medan magnet dan medan listrik bumi.
  7. Hidrogeologi; cabang ilmu geologi yang mengkaji tentang air, seperti bagaimana aliran air tanah mengalir di dalam tanah karst (kapur) atau bagaimana polutan/limbah dalam air mengalir di dalam tanah dan pengaruhnya terhadap kondisi geologi suatu tempat.
  8. Geologi es (glasial); adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari bagaimana lembaran es dan gletser saling memberikan pengaruh satu sama lain dan juga pengaruhnya terhadap kondisi geologi di suatu tempat.
  9. Limnogeologi atau geologi – kedanauan; ilmu geologi yang mempelajari tentang pembentukan, perkembangan  dan akhir dari danau – danau, baik itu danau purba maupun danau yang lebih baru.

10.  Vulkanologi; ilmu yang mempelajari gunung api dan fenomena – fenomena yang berkaitan dengan kegiatan kegunung apian.

11.  Planetologi; cabang keilmuan yang mempelajari tentang planet – planet dan satelit yang terdapat di tata surya kita, terutama yang berkenaan dengan asal – muasal pembentukannya dan hubungannya dengan bumi kita.

12.  Paleontologi; merupakan ilmu yang mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan kehidupan di jaman lampau (purba) antara lain melalui fosil, termasuk juga didalamnya pengkajian yang lebih dalam mengenai hewan tak bertulang belakang, hewan bertulang belakang, tumbuhan dan dinosaurus.

13.  Geologi perminyakan; ilmu yang mengkaji bagaimana minyak terbentuk, ditemukan dan diekstaksi dari dalam perut bumi.

 

Itulah beberapa cabang ilmu yang berkaitan dengan geologi, memang masih banyak lagi, tetapi setidaknya telah cukup menambah perbendaharaan kamus kita, jadi kalau nanti ada yang tanya apa itu Paleontologi, misalnya, udah lancar jawabnya ya…🙂. Mohon komentarnya ok. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: