Kuarsa

KUARSA

Hi! Setelah cukup lama vakum akibat kegiatan di lapangan yang banyak menyita waktu akhirnya baru sempat lagi bikin tulisan di Blog. Pada kesempatan kali ini saya coba membahas sedikit mengenai sebuah mineral yang paling banyak dijumpai dan paling dikenal luas oleh manusia, mineral itu adalah Kuarsa. Mari kita mulai saja ya…..
QuartzKuarsa (SiO2)

Kuarsa (silikon dioksida, atau SiO2) adalah salah satu mineral yang paling terkenal dan berlimpah di Bumi. Meskipun akhirnya bisa dipecah, secara fisik dan kimia mineral ini tahan terhadap pelapukan. Ketika batuan pembawa kuarsa terlapukkan, butir kuarsa menjadi terkonsentrasi di dalam tanah, di sungai, atau di pantai. Pasir Putih yang berada di sepanjang tepian sungai dan pantai pada umumnya tersusun atas kuarsa, dengan beberapa diantaranya berwarna putih felspar atau felspar merah muda.
Milky Quartz

Kuarsa Susu

Kuarsa bisa berupa kristalin atau kriptokristalin. Dalam bentuknya sebagai kristalin, kuarsa memiliki struktur molekul yang lebih besar, lebih transparan (Anda bisa melihat cahaya menembus kristal), dan sering digunakan sebagai batu permata semimulia (seperti amethyst, citrine, kuarsa mawar, dan kuarsa berkabut, karena ada struktur seperti kabut/asap di dalamnya). Dalam bentuknya sebagai kriptokristalin, kuarsa memiliki struktur molekul yang kompak, biasanya buram (cahaya tidak dapat menembusnya) atau translusi (cahaya dapat menembus, tetapi tidak begitu jelas), dan sering juga digunakan sebagai batu mulia (seperti batu akik, jasper, dan onyx).
Dalam bentuknya yang paling murni, kuarsa tidak berwarna (sering disebut batu kristal atau kristal gunung). Warna dalam kristal kuarsa biasanya disebabkan oleh adanya pengotor dalam struktur molekul mineral. Sebagai contoh, ketika pengotor yang berada di dalam molekulnya berupa gelembung udara kecil, kuarsa menjadi buram (disebut kuarsa susu), jika pengotor berupa mineral lain, maka warna kuarsa dapat berubah menjadi berbagai macam (Kuarsa coklat susu atau amethyst ungu). Demikian sedikit pengetahuan mengenai Kuarsa.

One response to this post.

  1. Posted by bakti on August 29, 2011 at 12:31

    terima kasih.., ijin download

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: